Alarm Lemari Es (Refrigerator)

Alarm Lemari Es (Refrigerator) - Salam Electrical Enginner, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai rangkaian alarm lemari es (Refrigerat

Alarm Lemari Es (Refrigerator) - Salam Electrical Enginner, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai rangkaian alarm lemari es (Refrigerator). 

Dalam kehidupan sehari-hari kulkas berperan penting untuk mendinginkan minuman dan mendinginkan makanan agar tahan terhadap proses pembusukan. 

Namun sering kali kita lupa menutup pintu kulkas atau pintu kulkas kurang tertutup rapat. Berikut solusi untuk mengatasi hal tersebut, dan untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Skema Rangkaian


Skema rangkaian alarm Lemari es
Skema rangkaian alarm Lemari es


Instalasi Alarm

Sirkuit ini simpan ke dalam kotak kecil, ditempatkan di dalam lemari es di dekat lampu (jika ada) atau pembukaan. Dengan pintu tertutup bagian dalam lemari es dalam keadaan gelap, fotoresistor/Sensor cahaya R2 menyajikan resistansi tinggi (> 200K) sehingga menjepit IC1 dengan memegang pin 12 tinggi.

Prinsip Kerja

Ketika seberkas cahaya masuk ketika pembukaan, atau lampu kulkas menyala, resistorfoto menurunkan ketahanan (<2K), pin 12 jadi rendah, IC1 mulai menghitung, setelah penundaanyang telah ditetapkan (20 detik) piezo sounder beep berbunyi selama 20 detik. 

Kemudian berhenti selama selang waktu yang sama dan siklus berulang sampai pintu lemari es ditutup. D2terhubung ke pin 6 dari IC1 memungkinkan bip sounder piezo berbunyi 3 kali per detik.

Daftar Komponen

Daftar Komponen:
R1..........10K 1/4W Resistor
R2..........Photo resistor (any type)
R3,R4....100K 1/4W Resistors
C1..........10nF 63V Polyester Capacitor
C2..........100µF 25V Electrolytic Capacitor
D1,D2.....1N4148 75V 150mA Diodes
IC1.........4060 14 stage ripple counter and oscillator IC
Q1..........BC337 45V 800mA NPN Transistor
BZ1........Piezo sounder (incorporating 3KHz oscillator)
SW1.......Miniature SPST slide Switch
B1.........3V Battery (2 AA 1.5V Cells in series)

Copyright www.unboxing.eu.org