Relay

Pengertian Relay - Relay adalah saklar mekanik yang dikendalikan atau dikontrol secara elektronik (elektromagnetik). Saklar pada relay akan terjadi pe

relay
Relay

Pengertian Relay - Relay adalah saklar mekanik yang dikendalikan atau dikontrol secara elektronik (elektromagnetik). 

Saklar pada relay akan terjadi perubahan posisi OFF ke ON pada saat diberikan energi elektro magnetik pada armatur relay tersebut. 

Relay pada dasarnya terdiri dari 2 bagian utama yaitu saklar mekanik dan sistem pembangkit elektromagnetik (induktor inti besi). 

Saklar atau kontaktor relay dikendalikan menggunakan tegangan listrik yang diberikan ke induktor pembangkit magnet untuk menrik armatur tuas saklar atau kontaktor relay.

Secara prinsip, relay merupakan tuas saklar dengan lilitan kawat pada batang besi (solenoid) di dekatnya. 

Ketika solenoid dialiri arus listrik, tuas akan tertarik karena adanya gaya magnet yang terjadi pada solenoid sehingga kontak saklar akan menutup. 

Pada saat arus dihentikan, gaya magnet akan hilang, tuas akan kembali ke posisi semula dan kontak saklar kembali terbuka.

Relay biasanya digunakan untuk menggerakkan arus/tegangan yang besar (misalnya peralatan listrik 4 ampere AC 220 V) dengan memakai arus/tegangan yang kecil (misalnya 0.1 ampere 12 Volt DC). 

Relay yang paling sederhana ialah relay elektromekanis yang memberikan pergerakan mekanis saat mendapatkan energi listrik.Secara sederhana relay elektromekanis ini didefinisikan sebagai berikut :
  • Alat yang menggunakan gaya elektromagnetik untuk menutup (atau membuka) kontak saklar.

  • Saklar yang digerakkan (secara mekanis) oleh daya/energi listrik. 
Jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa relay adalah komponen elektronika berupa saklar elektronik yang digerakkan oleh arus listrik.

Secara umum, relay digunakan untuk memenuhi fungsi – fungsi berikut :
  1. Remote control : dapat menyalakan atau mematikan alat dari jarak jauh

  2. Penguatan daya : menguatkan arus atau tegangan

  3. Contoh : starting relay pada mesin mobil

  4. Pengatur logika kontrol suatu sistem

Prinsip Kerja Relay

Skema Relay Elektromekanik
Skema Relay Elektromekanik

Relay terdiri dari coil dan contact. Perhatikan gambar diatas, coil adalah gulungan kawat yang mendapat arus listrik, sedangkan contact adalah sejenis saklar yang pergerakannya tergantung dari ada tidaknya arus listrik di coil. Contact ada 3 jenis :
  • Normaly On : Kondisi awal kontaktor terturup (On) dan akan terbuka (Off) jika relay diaktifkan dengan cara memberi arus yang sesuai pada kumparan (coil) relay. Istilah lain kondisi ini adalah Normaly Close (NC).
Konstruksi Relay Elektromekanik Posisi NC (Normally Close)
Konstruksi Relay Elektromekanik Posisi NC (Normally Close)

  • Normaly Off : Kondisi awal kontaktor terbuka (Off) dan akan tertutup jika relay diaktifkan dengan cara memberi arus yang sesuai pada kumparan (coil) relay. Istilah lain kondisi ini adalah Normaly Open (NO).
Konstruksi Relay Elektromekanik Posisi NO (Normally Open)
Konstruksi Relay Elektromekanik Posisi NO (Normally Open)
  • Change-Over (CO) atau Double-Throw (DT) : Relay jenis ini memiliki dua pasang terminal dengan dua kondisi yaitu Normaly Open (NO) dan Normaly Close (NC).

Jenis Jenis Relay

Seperti saklar, relay juga dibedakan berdasar pole dan throw yang dimilikinya.
  • Pole : banyaknya contact yang dimiliki oleh relay.
  • Throw : banyaknya kondisi (state) yang mungkin dimiliki contact
Berikut ini penggolongan relay berdasar jumlah pole dan throw :
  • SPST (Single Pole Single Throw) : Relay ini memiliki empat terminal. Dua terminal kumparan (coil) dan dua terminal saklar (A dan B) yang dapat terhubung dan terputus.
    relay SPST (Single Pole Single Throw)
  • SPDT (Single Pole Double Pole) : Relay ini memiliki lima terminal.

    Dua terminal kumparan (coil) dan tiga terminal saklar (A,B, dan C) yang dapat terhubung dan terputus dengan satu terminal pusat.

    Jika suatu saat terminal A terputus dengan terminal pusat (C) maka terminal lain (B) terhubung dengan terminal C, demikian juga sebaliknya.
relay SPDT (Single Pole Double Pole)
  • DPST (Double Pole Single Throw) : Relay ini mempunyai enam terminal. Dua terminal kumparan (coil), dan empat terminal merupakan dua pasang saklar yang dapat terhubung dan terputus (A1 dan B1 - A2 dan B2).
relay DPST (Double Pole Single Throw)
  • DPDT (Double pole Double Throw) : Relay ini mempunyai delapan terminal. Dua terminal kumparan (coil), enam terminal merupakan dua set saklar yang dapat terputus dan terhubung (A1,B1,C1 dan A2, B2, C2).
    relay DPDT (Double pole Double Throw)
Jenis Relay :
  1. Timing relay adalah jenis relay yang khusus. Cara kerjanya ialah sebagai berikut : jka coil dari timing relay ON, maka beberapa detik kemudian, baru contact relay akan ON atau OFF (sesuai jenis NO/NC contact).

  2. Latching relay ialah jenis relay digunakan untuk latching atau mempertahankan kondisi aktif input sekalipun input sebenarnya sudah mati. Cara kerjanya ialah sebagai berikut : jika latch coil diaktifkan, ia tidak akan bisa dimatikan kecuali unlatch coil diaktifkan. Simbol dari latching relay.

Rangkaian dan Simbol Relay

Relay dapat digunakan untuk mengontrol motor AC dengan rangkaian kontrol DC atau beban lain dengan sumber tegangan yang berbeda antara tegangan rangkaian kontrol dan tegangan beban.

Diantara aplikasi relay yang dapat ditemui diantaranya adalah :
  1. Relay sebagai kontrol ON/OF beban dengan sumber tegang berbeda.

  2. Relay sebagai selektor atau pemilih hubungan.

  3. Relay sebagai eksekutor rangkaian delay (tunda).

  4. Relay sebagai protektor atau pemutus arus pada kondisi tertentu.
Itulah pembahasan mengenai relay, silahkan share artikel ini jika bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Copyright www.unboxing.eu.org